Loyalitas sebuah suporter

sedikit cerita mengenai kisah suporter Persib Bandung ( Viking ), mungkin kita semua mengetahui tentang kesebelasan Persib Bandung khususnya orang jawa barat, tim legendaris tersebut mempunyai segudang prestasi di kancah persepakbolaan Indonesia dan juga mempunyai jutaan fans di jawa barat khususnya. Pendukung mereka sangat fanatik sekali dan sampai-sampai mereka sering rusuh ketika tim kesayangan meraka kalah.

jak-go-to-hellSaya punya cerita dari kota kembang Bandung, saat itu saya berada di kota Bandung untuk berlibur karena kita tahu Bandung mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pelancong, kebetulan jg kota saya dan kota bandung bertetanggaan, hari sabtu tepatnya, tim Persib Bandung kala itu bertanding melawan musuh bebuyutannya Persija Jakarta, puluhan ribu the Viking memenuhi stadion dan tidak sedikit pula yang tidak kebagian masuk sehingga terpaksa menyaksikan di luar stadion lewat layar raksasa yang sengaja disediakan oleh panitia. Pertandingan pun berlangsung menarik, namun hal yang tidak diinginkan tim tuan rumah dan juga suporter muncul, tim mereka kalah oleh Persija Jakarta. Sontak bagai kesetrum sengatan aliran listrik 10.000 volt ^_^, kerusuhan pun terjadi di dalam stadion maupun di luar stadion. Yang lebih parah lagi para pendukung tersebut menghancurkan segala fasilitas kota mereka sendiri ketika pulang ke daerahnya masing-masing, yang menarik bagi saya adalah ketika beberapa mobil berFlat B yaitu kota (Jakarta, Bekasi, Depok) terlihat di jalanan kota kembang, tak berpikir panjang para suporter yang sedang memendam amarah mereka langsung melampiaskannya dengan cara menghujani mobil-mobil tersebut dengan batu maupun bogem-bogem mekeka ke arah mobil tersebut. Aneh memang orang tak bersalah pun menjadi amukan mereka? karena mereka mengira mobil flat B adalah musuh mereka jg.

apakah ini yang dinamakan loyalitas? mungkin iya, mungkin tidak.. namun para suporter hendaknya berpikir bijak dengan mempunyai mental yang baik dalam mendukung tim kesayangannya, mereka tidak boleh hanya senang ketika timnya menang, tapi juga harus bisa menerima dengan ikhlas ketika timnya mengalami kekalahan. Jika suporter sudah bisa bertindak dewasa bukan tidak mungkin Loyalitas mereka berjalan pada jalurnya dengan tidak mengorbankan mereka yang tidak bersalah menjadi korban kebringasan mereka.. so marilah berpikir dengan bijak dalam menghadapinya..

Go Persib Bandung..

6 Responses

  1. Meributkan yang tidak pantas untuk di ributkan..
    haduh..haduh….

  2. salam kenal ya…..

  3. Hidup Pesib

  4. saya juga ikut nonton pas persib kalah ama persija itu.
    iya langsung rame banget pada rusuh
    menurut sy mah bobotoh sejati tidak akan bertindak seperti itu
    itu oknum..
    mudah2an tidak terulang lagi
    hidup persib

  5. serem banget cih gambarnya
    nanti banyak orang yang ngikutin loh??!!!!!

  6. Go………………………..Go……………………….
    PERSIJA QU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: